Kamis, 03 September 2015

Tentang Daerah Sidoarjo

Pada postingan kali ini saya akan membahas yaitu tentang :

Budaya di Sidoarjo

Bahasa
Bahasa yang berkembang di daerah Sidoarjo dikenal dengan sebutan Bahasa Arek. Bahasa Arek merupakan bahasa keseharian warga Kota Surabaya dan kabupaten pecahan Kota Surabaya, yaitu Sidoarjo, Mojokerto, Gresik.
Lelang Bandeng
Setiap  tahun di Kabupaten Sidoarjo tepatnya dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  diadakan kegiatan lelang bandeng tradisional bertempat di alun-alun Sidoarjo.
Nyadran
Di Jawa, pada bulan Ruwah ( kalender Jawa ) ada tradisi yang dinamakan Ruwatan. Bentuk –bentuk Ruwatan ini dapat berupa bersih Desa ,Ruwah desa atau lainnya.

Makanan khas di sidoarjo

Lontong kupang
Makanan ini sangat terkenal di Sidoarjo dan daerah yang dekat pantai seperti Kenjeran, Surabaya. Kupang Lontong ini merupakan sajian yang harus dimakan selagi panas, dengan komposisi bahan berupa irisan lontong, kupang, dan lento.
Telur Asin
Telur asin di sidoarjo ini berpusat di desa Kebonsari, kecamatan Candi, Sidoarjo. Di sini pula dikembangbiakkan peternakan bebek yang akan menghasilkan telur asin. Industri ini telah dikembangkan sudah lama sejak tahun 1992, dan sekarang telah terdapat lebih dari 30 industriyang memiliki usaha serupa.
Bandeng Asap
Bandeng Asap ini merupakan makanan yang akan selalu ada di setiap toko oleh - oleh di Sidoarjo. Bandeng asap ini adalah komoditas utama produk perikanan di Sidoarjo ini di matangkan dengan proses pengasapan. Setelah siap di jual, bandeng akan dijual di dalam box khusus dengan saus pendamping saat ini siap di santap.

Ciri Khas di sidoarjo

Di Sidoarjo terdapat genangan lumpur yang menyebabkan beberapa desa di kecamatan Porong terendam lumpur. kejadian lumpur lapindo ini hanya terjadi di kabupaten Sidoarjo saja sehingga menjadi daya tarik atau sebagai ciri khas dari kabupaten Sidoarjo yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Sidoarjo terkenal sebagai kota penghasil petis yang digunakan untuk membuat rujak dan makan yang lain.

http://makananindonesia-top.blogspot.com/2014/09/5-makanan-khas-sidoarjo-jawa-timur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar